Home
Upaya Turunkan Angka Stunting, TPPS Kota Dumai Bahas Strategi Jitu | Berkas Rasyid Assaf Dongoran sebagai Bakal Calon Bupati Tapsel Di terima PAN Tapsel | Wabup Rasyid Assaf Dongoran Mendaftar ke PDI Perjuangan sebagai Bakal Calon Bupati Tapsel. | Pj Bupati Kampar Menjadi Saksi Pernikahan Fitri Ramadhani Puteri Camat Tambang. | Masuk ke Stand Kominfo, Ricana Djayanti : Tempat Menjadi Selebritis | Silaturahmi KPU dengan Ketua DPRD Siak Indra Gunawan
Sabtu, 27 April 2024
/ Pekanbaru / 15:32:47 / PPID Pekanbaru Terima Kunjungan KI Riau Terkait MonEv Tahap 1 Keterbukaan Informasi 2024 /
PPID Pekanbaru Terima Kunjungan KI Riau Terkait MonEv Tahap 1 Keterbukaan Informasi 2024
Selasa, 26/03/2024 - 15:32:47 WIB
PPID Pekanbaru Terima Kunjungan KI Riau Terkait MonEv Tahap 1 Keterbukaan Informasi 2024

Realitaonline.com, PEKANBARU - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Pekanbaru yang diampu oleh Diskominfotiksan Kota Pekanbaru menerima kunjungan dari rombongan Komisi Informasi (KI) Riau dalam rangka pelaksanaan penilaian tahap I (satu) Monitoring dan Evaluasi (MonEv) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2024.

Rombongan KI Riau dipimpin oleh Komisioner Bidang Kelembagaan Ibu Hj. Yulianti, SH., MH memaparkan dan menyosialisasikan MonEv Tahap 1 ini kepada sedikitnya 8 (delapan) badan publik, diantaranya Pemko Pekanbaru, Bawaslu Kota Pekanbaru, KPU Kota Pekanbaru, Baznaz Kota Pekanbaru, BPN Pekanbaru, Kemenag Kota Pekanbaru, dan KONI Kota Pekanbaru.

Ia menjelaskan, pelaksanaan MonEV kali ini adalah inovasi terbaru dari KI Riau. Dimana, sebelumnya tidak ada tahapan MonEV dalam rangkaian pemeringkatan badan publik terkait keterbukaan Informasi, sehingga perlu disosialisasikan terlebih dahulu ke badan-badan publik yang ada di Kota Pekanbaru.

"Kami datang untuk sosialisasi dan edukasi dalam pengisian survey dalam rangka MonEV Tahap 1 Keterbukaan Informasi Publik di Kota Pekanbaru kepada Badan Publik yang hadir," ujarnya, Selasa (26/03/2024).

Ia menerangkan, Kota Pekanbaru kali ini semakin baik dalam hal pelayanan PPID dan berharap bisa lebih bagus lagi kedepannya.

"Untuk tahun 2023 Pemko Pekanbaru mendapatkan Indeks Keterbukaan Informasi Publik di kategori Menuju Informatif, semoga kedepannya menjadi informatif," harapnya.

Lanjutnya, untuk penilaian SAQ kepada badan-badan publik akan dirilis pada bulan Mei mendatang. Seluruh badan publik akan mengisi SAQ dan dilanjutkan dengan visitasi oleh tim KI Riau dan akan lanjut ke tahap pemeringkatan yang akan diumumkan pada KI Award nantinya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Raja Hendra Saputra SSTP menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan MonEV Tahap 1 KI Riau. Ia berharap Pemko Pekanbaru dapat terus berbenah kedepannya untuk mendapatkan peringkat Informatif.

"Kita mengucapkan terima kasih kepada KI Riau yang telah menyosialisasikan tahapan-tahapan MonEV kedepannya mulai dari pengisian survey hari ini, pengisian SAQ, visitasi dan pemeringkatan nantinya, semoga kami dapat mempersiapkan segala sesuatu nya dengan lebih baik lagi," jelasnya.

Ia menuturkan bahwa di tahun 2022, Pemko Pekanbaru hanya berada di peringkat Cukup Informatif.

"Dengan pembenahan yang intens, Alhamdulillah di tahun 2023 lalu, kita dapat peringkat menuju informatif. Harapannya, kita akan dapat peringkat informatif tahun 2024 ini," pungkasnya.

   
 
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com