Home
Kapolres Nias Hadiri Shooting For Peace Dari Kodim 0213 Nias Di Sawakete Desa Afulu Nias Utara. | Perjuangan Kabupaten Bengkalis dalam Mempertahankan Jengkal Demi Jengkal Teritorial NKRI | 27 Politeknik di Indonesia Datang ke Bengkalis, Bupati Kasmarni Berharap Sinergisitas Ditingkatkan | Tim Opsnal Polsek Tualang Berhasil Amankan Pelaku Pemerasan dan Curat | Rawan Kebakaran, Peran Damkar Rohil Diperkuat, Masyarakat Diminta Tetap Waspada | Pemkab Kampar Tandatangani Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama Dengan STTD.
Senin, 26 Februari 2024
/ Dumai / 11:28:59 / Inspektorat Daerah Kota Dumai Taja Larwasda Tahun 2023 /
Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Lebih Baik,
Inspektorat Daerah Kota Dumai Taja Larwasda Tahun 2023
Selasa, 28/11/2023 - 11:28:59 WIB

Realitaonline.com, DUMAI - Pemerintah Kota Dumai melalui Inspektorat Daerah Kota Dumai melaksanakan Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Tahun 2023, bertempat di Ballroom Grand Zuri Hotel, Senin (27/11/2023).

Acara yang mengusung tema "Tingkatkan Sinergitas dan Akuntabilitas untuk Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Lebih Baik" itu, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS.

Dalam sambutannya, Wali Kota Dumai, H. Paisal berpesan kepada Inspektorat Daerah Kota Dumai untuk dapat memanfaatkan wadah ini untuk mengawal penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan.

"Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam siklus pengawasan, tugas inspektorat tidak hanya menjalankan tugas pemeriksaan saja. Tetapi bertanggung jawab juga mengawal hasil pemeriksaannya, termasuk hasil pemeriksaan dari BPK, BPKP dan APIP," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan H. Paisal bahwa keberhasilan tugas Inspektorat akan semakin efektif apabila seluruh unsur pemerintah daerah konsisten terhadap komitmen good governance dan clean government serta memahami tugas sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Jika rambu-rambu hukum tersebut kita taati dan patuhi, mudah-mudahan dalam pelaksanaan tugas kita terhindar dari berbagai persoalan terutama persoalan hukum di kemudian hari," tuturnya.

Ia juga menegaskan kepada seluruh jajaran di lingkungan Pemko Dumai wabil khusus Inspektorat untuk dapat memahami, memaknai dan menjabarkan serta mengambil langkah-langkah konkrit dalam mewujudkan Kota Dumai yang bersih, berwibawa, bebas KKN, melalui penerapan tata kelola pemerintahan, manajemen risiko dan sistem pengendalian internal yang memadai.

Disisi lain, Inspektur Daerah Kota Dumai, Drs. Riki Dwi Woro, M.Si dalam laporannya menyampaikan, Larwasda digelar untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas hasil pengawasan.

"Melalui forum Larwasda ini, semoga pihak-pihak terkait (stakeholders) baik pimpinan daerah maupun OPD dan Unit Kerja sebagai auditan dapat mengetahui tugas pokok dan fungsi Inspektorat selaku APIP dalam menjalankan perannya sebagai Quality Assurance dan Consulting," imbuhnya.

Selain itu, Riki berharap kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas antara stakeholder pada jajaran Pemko Dumai maupun dengan stakeholder pada instansi pemerintah, baik lingkup Kota Dumai serta Pemerintah Provinsi Riau.

Pada kesempatan itu dilaksanakan pula penyerahan penghargaan Evaluasi SAKIP terbaik tahun 2023 kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dikelompokkan ke dalam 3 kluster, yaitu Perangkat Daerah pada Kluster Utama, Perangkat Daerah pada Kluster Pendukung, dan Perangkat Daerah pada Kluster Tambahan.

Larwasda ini juga diperkuat dengan sesi panel (penyampaian materi) yang disampaikan oleh beberapa narasumber, diantaranya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Inspektur Daerah Provinsi Riau, Kepala Kejaksaan Negeri Dumai atau yang mewakili, Kapolres Dumai atau yang mewakili dan Inspektur Daerah Kota Dumai.

   
 
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com