Home
Turun Ke Desa Sari Mulya, Bupati H. Zukri Pastikan Pelayanan Berobat Gratis di Nikmati Masyarakat | Bakti Sosial Sentuh Penyandang Disabilitas, Hari Bhayangkara Ke-78 | Resmikan Masjid Al-Fahruddin, Bupati Kasmarni Ajak Makmurkan Masjid | Masalah Listrik Wabup Bagus Santoso Intruksikan Camat dan Kades Pro Aktif | Pj Sekda Kampar Ahmad Yuzar Launching Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Pandau Jaya. | Pemdes Bantan Tua Melaksanakan MTQ Ke XVIII Desa Bantan Tua
Senin, 24 Juni 2024
/ Politik / 14:16:49 / Lima Calon DPD RI "Halkit", Bangga Tapi Prihatin: Akankah Ada Lolos ks Senayan? /
Lima Calon DPD RI "Halkit", Bangga Tapi Prihatin: Akankah Ada Lolos ks Senayan?
Rabu, 10/05/2023 - 14:16:49 WIB

Realitaonline.com, Pekanbaru - Sebanyak 27 (dua puluh tujuh) Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang ditetapkan KPU Riau, 5 (lima) diantaranya Calon DPD RI merupakan 'halak hita' alias putra putri asal Sumatera Utara. Lolosnya 5 calon DPD RI mendapat apresiasi sekaligus prihatin.

"Bangga sekali. Bukti orang batak punya banyak potensi dan mumpuni. Tapi sekaligus juga saya prihatinn. Kita gak mendahului hasilnya yang akan diraih. Apakah ada yang bakal lolos mengingat 5 tahun sebelumnya saja, satupun tak ada yang lolos. Bagaimana untuk 5 calon DPD RI," ujar Uparlin Maharadja saat bincang-bincang di Pekanbaru, Rabu, (10/5/2023).

Tokoh Muda Batak berprofesi jurnalis ini mengkau pesiimis dengan adanya 5 calon DPD RI tersebut, mayoritas memperebutkan pemilik suara bermarga asal Sumatera Utara.

"Belajar dari almarhum anggota DPD RI Rosti Uli Purba. Beliau lolos karena hanya sendiri calon anggota DPD RI pada periode 2014-2019. Periode berikutnya, 2019-2024 tak ada yang lolos yang hanya diikuti 3 (tiga) Calon DPD RI yaitu Rosti Uli Purba, Sahat Martin Sinurat dan Hotman Sihaloho," beber Uparlin.

Dengan adanya 5 (calon) DPD RI kali ini, lanjut Uparlin, dirinya semakin pesimis ada.yang lolos ke Gedung Senayan Jakarta.

"Tiga aja tak ada yang lolos. Apalagi 5 calon. Entahlah. Mudah-mudahan ada mujizat," imbuhnya.


Pun, Uparlin mengaku tak yakin ada yang mundur dari 5 (lima).calon untuk memuluskan satu orang calon. Sebab, kelima calon bersusah payah dan berjuang agar lolos Calon DPD RI.

"Sepertinya, ndak ada yang mundur dari lima calon DPD RI "Halak kita" itu. Karna, perjuangan mereka telah mengeluarkan tenaga, pikiran dan lain-lain. Sehingga, bisa diprediksi bakal tak ada yang munudur. Bagusnya dari awal. Kalau sudah dinyatakan lolos, kelima calon berpikir seribu kali untuk mundur," ungkapnya.

Namun demikian, Uparlin masih meyakini para Calon DPD RI ada yang bersikap legowo dan berembuk rasa mencapai kesepakatan dengan tujuan yang sama berbuat untuk "bangso batak".

"Saya optimis, jika satu calon saja maju, sepertinya bisa satu orang duduk di Senayan. Sekarang dikembalikan ke lima calon dan sesepuh orang batak di Riau," pungkas Uparlin.

Seperti diketahui, ada 5 (lima) dari 27 Calon DPD RI dari Riau putra dan putri Tapanuli, Sumatera Utara alias 'Halak Kita'. Kelima Calon DPD RI yaitu; Lampita Pakpahan, Elfebni Eedianta Bangub, Rowmel Sirompul, Benson Sinaga dan Patar Sitanggang

   
 
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com