Nias Barat-
Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu Buka Secara Resmi  Musyawarah Rencana Pembangunan (Musren...[read more] "> Nias Barat-
Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu Buka Secara Resmi  Musyawarah Rencana Pembangunan (Musren" />
 
Home
| Polres Dumai Menggelar Perss Comferense dan Musnahkan Barang Bukti Kasus Narkoba | Ketua TP PKK Kota Dumai Membuka Pelatihan Kompetensi Dasar Kader Posyandu Integrasi Layanan Primer ( | Bupati Nias Barat Hadiri Penganugerah SPM Award Tahun 2024 | DPRD Gelar Rapat Paripurna Bersama Pemko Dumai | Sabahati Gulo Mendaftar Melalui DPD Golkar Sumut, DPD Golkar Nias Barat Tolak
Jum'at, 26 April 2024
/ Kepulauan Nias / 07:23:48 / Bupati Nias Barat Buka Secara Resmi (RKPD) Tahun 2023. /
Bupati Nias Barat Buka Secara Resmi (RKPD) Tahun 2023.
Jumat, 18/03/2022 - 07:23:48 WIB

Realitaonline.com. Nias Barat-
Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu Buka Secara Resmi  Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Barat Tahun  2023 yang dilaksanakan Lahomi, Tokosa Hall, Kamis (17/3/2022).

Adapun tema RKPD Tahun 2023 yaitu 'Pemulihan Ekonomi Melalui Peningkatan Infrastruktur dan Kualitas Sumber Daya Manusia Menuju  Nias Barat Bersih, Unggul dan Maju'. Dengan harapan tema ini dapat menjadi acuan bagi perangkat daerah dan stakeholders dalam merencanakan program dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Nias Barat pada Tahun 2023 mendatang sehingga mampu menjawab isu-isu strategis dan permasalahan pembangunan di Kabupaten Nias Barat. 

Bupati Khenoki Waruwu dalam arahan dan bimbingannya mengajak semua pemangku kepentingan dan stakeholders berperan aktif mewujud nyatakan perencanaan pembangunan yang partisipatif. Sehingga mencapai pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan Akuntabel.

"Puji syukur kita bisa berkumpul bersama saat ini, berharap melalui forum interaktif ini kita dapat mempercepat pembangunan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur,  sumber daya manusia serta melakukan berbagai upaya percepatan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Karena diakui ataupun  tidak,  prioritas dan sasaran pembangunan yang diuraikan diatas belum sepenuhnya menjawab permasalahan pembangunan yang dihadapi,"katanya.

Oleh karena itu, Bupati Khenoki berharap kepada peserta Musrenbang, pemangku kepentingan dan para pelaku pembangunan yang hadir saat ini supaya berperan aktif memberikan kontribusi pemikiran yang positif sehingga semua program dan kegiatan pembangunan daerah yang sedang dirancang mampu menyentuh langsung kepentingan masyarakat. 

"Saya juga mengingatkan para kepala perangkat daerah agar dalam penyusunan program dan kegiatan disesuaikan dengan kewenangan daerah dan kegiatan yang menjadi kewenangan provinsi dan pusat supaya segera dikoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk selanjutnya dibahas pada Musrenbang Provinsi dan Musrenbang Nasional,"tegasnya.

Dikatakannya, banyak capaian kerja yang berhasil dilakukan atas dukungan banyak pihak, namun disadarinya masih banyak usulan masyarakat yang belum bisa diakomodir karena keterbatasan anggaran, sehingga harus memilih program dengan skala paling prioritas untuk kepentingan seluruh masyarakat Nias Barat. Namun 

"Terima kasih atas segala dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak, para pimpinan dan Anggota DPRD dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Nias Barat. Kami menyadari, disamping keberhasilan yang ingin dicapai, terdapat hal-hal yang perlu terus ditingkatkan dan disempurnakan baik dari sisi kebijakan, program maupun kegiatan hingga pada implementasi pelaksanaan di lapangan. Kita yakin dengan semangat kebersamaan dan persatuan, semua kendala dan tantangan dapat diatasi dengan baik,"optimisnya.

Ditegaskannya, tanggung jawab  ke depan dalam membangun Kabupaten Nias Barat Memang tidak ringan, penyelenggaraan pemerintah yang bersih harus terus ditingkatkan yang dimulai dengan perencanaan pembangunan yang berkualitas, pelaksanaan pembangunan yang efektif dan efisien disertai dengan pengawasan yang pada akhirnya akan dapat mewujudkan Nias Barat yang Bersih, Unggul dan Maju .

"Selamat datang dan terima kasih atas kesediaan bapak/ibu narasumber dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional,  Bappeda Provinsi Sumatera Utara Maupun Badan Pusat Statistik Nias.

Kehadiran Bapak/Ibu sungguh merupakan suatu kebahagiaan dan kehormatan tersendiri bagi kami karena  berkenan melihat langsung dan turut merasakan kondisi sesungguhnya Nias Barat ini. Harapan kami, kehadiran semua membawa harapan baru bagi peningkatan dan percepatan pembangunan di wilayah Nias Barat yang kita cintai ini,"pungkasnya.

Gubernur Sumatera Utara (sumut) Edy Rahmayadi dalam sambutannya yang diwakili Sekretaris Bappeda Provinsi Sumut, Yoksi Sukmono menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah memengaruhi sendi kehidupan masyarakat, terutama pertumbuhan ekonomi yang mengalami kontraksi di semua sektor. Untuk itu, diharapkan melalui Musrenbang ini program yang telah direncanakan  dapat bermanfaat untuk masyarakat. Dimana mengedepankan  upaya memulihkan ekonomi dan kehidupan masyarakat. 

"Apapun visi dan misi Kabupaten Nias Barat , itu harus mampu memberikan perubahan dan kemajuan berdasarkan situasi dan kondisi. Program Inovasi  dalam pembangunan yang direncanakan harus sinkron dengan pembangunan provinsi, sehingga apa yang kita laksanakan dapat bermanfaat bagi masyarakat,"tegas.

Diharapkannya, apa yang menjadi perencanaan pembangunan adalah perencanaan yang dijadikan skala prioritas.

"Semua dapat terwujud bila ada  kebersamaan dan kekompakan bagi semua pihak harus tetap terjaga dengan baik, harus mampu berbenah diri dan menata wilayahnya masing-masing agar di masa yang akan datang Kepulauan Nias Barat semakin Bersih, Unggul dan Maju disertai mandiri, makmur dan masyarakat sejahtera,"pesannya.

Usai menyampaikan arahan dan bimbingan, Bupati Khenoki Waruwu menyerahkan cendera mata berupa pakaian adat dan Plakat Kabupaten Nisbar  kepada Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Sekretaris Bappeda Provinsi Sumut Yoksi Sukmono, ST dan para narasumber yang hadir. 

Hadir pada kesempatan Musrenbang ini diantaranya Wakil Bupati Nias Barat, Dr Era Era Hia, M.M.,M.Si, para staf ahli dan asisten, Pimpinan dan Anggota DPRD, Forkompimka,  Kepala OPD, Camat, Kepala Desa se- Kabupaten Nias Barat, BPS Kabupaten Nias, Tokoh Masyarakat dan Agama serta seluruh stakeholders lainnya. 
(bezi hal)
   
 
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com