Home
100 Personel Brimob BKO Polda Papua Berhasil Selesaikan Tugas | Kelurahan Bukit Kayu Kapur Bahas Tentang Rapat Pembangunan Musrembang Untuk ProgramTahun 2022 | Bupati H.M.Harris Resmikan Gedung PTSP Kejari Pelalawan. | Gubernur Sulsel Usulkan Program Desa Digital di Rakor Bappenas RI | Personel TNI-Polri Dikerahkan Untuk Membantu Korban yang Kebanjiran | Polsek Dumai Kota Jajaran Polres Dumai Salurkan 30 Tiga Puluh Paket Paket Bantuan Sembako
Jum'at, 26 Februari 2021
/ Nasional / 21:02:36 / DPR RI Resmi Tetapkan Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri /
DPR RI Resmi Tetapkan Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri
Kamis, 21/01/2021 - 21:02:36 WIB
Tampak didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, dan para Wakil DPR RI, calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo melakukan sikap hormat dihadapan seluruh anggota DPR RI.(Foto: Istimewa)
TERKAIT:

Realitaonline.com, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI secara resmi mengesahkan dan menetapkan pengangkatan Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang ke-25. Penetapan ini setelah Komisi III DPR RI melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis dan menyetujui penunjukkan Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi Kapolri.
“Apakah hasil uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo dapat disetujui,” tanya Ketua DPR RI Puan Maharani dalam rapat paripurna di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/01/2021).
“Setuju!!,” jawab seluruh anggota dewan DPR RI yang menghadiri rapat secara fisik dan virtual. Kemudian Puan Maharani mengesahkan keputusan itu yang ditandai dengan ketukan palu.
Adapun rapat paripurna tersebut dihadiri 342 anggota terdiri dari yang hadir fisik 91, dan virtual 204.
Puan Maharani selanjutnya menyampaikan, atas nama DPR RI mengucapkan selamat kepada Listyo. Puan berharap, suksesor Kapolri  Jenderal Idham Azis tersebut bisa menjalankan tugasnya dengan baik.
“Semoga bisa menjalankan tugas dengan amanah,” ujarnya.
Sebelumnya dalam rapat paripurna, Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni membacakan hasil rangkaian uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Dia menyebutkan, Komisi III telah melakukan rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Keuangan (PPATK) dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).
“Terkait hasil pemantauan dan keuangan calon kapolri tidak ditemukan transaksi mencurigakan dari rekening calon Kapolri,” terang Sahroni di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (21/1/2021).
Seperti diketahui pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri dilakukan pada Rabu, 20 Januari 2021. Seluruh fraksi mendukung Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri.
“Berdasarkan keputusan, secara mufakat menyetujui pemberhentian Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo sebagai Kapolri,” terang Sahroni.
Dari hasil uji dan penetapan pengangkatan Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri ini akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden Jokowi akan melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan posisi dan sekaligus melepas Idham Azis dari jabatannya.(rls)***
   
 
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com