Home
Gerakan Sinergi Reforma Agraria Miliki Nilai Positif | Polres Dumai Raih Penghargaan Optimalisasi Operasi Tertib Ramadan | Bupati Kasmarni Harap Kepala Sekolah Fokus dan Optimalkan Kinerja Demi Kemajuan Pendidikan | Pilkada, Dinkes Siap Fasilitasi Pelayanan Kesehatan KPU Bengkalis | Ketua LPTQ Kabupaten Kampar Berharap Bisa Juara | Menuju Pilkada Tapsel 2024: Rasyid Assaf Dongoran Hantarkan Formulir Bupati Pada Golkar Tapsel
Selasa, 23 April 2024
/ Indragiri Hilir / 00:00:17 / Pemkab Inhil Kampanyekan Keselamatan Pelayaran Tahun 2017 /
Pemkab Inhil Kampanyekan Keselamatan Pelayaran Tahun 2017
Rabu, 11/10/2017 - 00:00:17 WIB

REALITAONLINE.COM,TEMBILAHAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar kampanye keselamatan pelayaran tahun 2017 di Aula Hotel Harmoni Tembilahan, Rabu (11/10/2017).

Kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Asisten I bidang Perekonomian dan Pembangunan  Setda Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Drs H Afrizal MP dan dihadiri perwakilan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Kepala Dishub Inhil, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan se-Inhil, GM PT Pelindo I Tembilahan, Kepala Cabang (Kacab) PT Jasa Raharja Riau, Kacab PT Biro Klasifikasi Indonesia Pekanbaru, Ketua DPD Pelayanan Rakyat (Pera) Riau, Ketua Pelra Inhil dan sejumlah peserta kegiatan.

Kampanye ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Dinas Perhubungan Provinsi Riau dalam rangka menciptakan tata hubungan kerja yang lebih harmonis dan terpadu demi memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Tujuan kampanye ialah untuk mengingatkan kembali kepada semua pihak pemangku kepentingan, bahwa keselamatan pelayaran adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah sebagai regulator, tetapi juga tanggung jawab operator dan seluruh masyarakat pengguna jasa transportasi laut.

Dan perlu diketahui, acara ini diisi dengan pemaparan dari narasumber yang berkompeten di bidangnya, juga penyerahan bantuan peralatan keselamatan berupa life jacket oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Inhil beserta rombongan kepada masyarakat.

"Sebagian besar wilayah Inhil adalah perairan sehingga transportasi laut memiliki peranan penting bagi masyarakat. Dengan meningkatnya aktifitas kapal laut, baik yang melewati perairan Inhil maupun berlabuh maka diperlukan berbagai upaya kita bersama untuk menciptakan tertib berlabuh, tertib bongkar muat, dan aman berlayar," kata Asisten I.

Kepada para agen perusahaan pelayaran kapal, dihimbaunya untuk lebih memperhatikan ketertiban berlabuh. Alat keselamatan transportasi sungai dan laut harus memenuhi standar keselamatan pelayaran. Karena keselamatan penumpang harus menjadi prioritas penyedia moda transportasi.

Sementara itu, Kabid Perhubungan Laut Dishub Provinsi Riau, Yulmeindri ST MT menyambut baik kegiatan ini sebagai komitmen bersama.

"Hal ini merupakan suatau upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan di transportasi laut", ujarnya.

Dan diingatkan, bahwa keselamatan pelayaran merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, pelaut, dan masyarakat pengguna jasa angkutan laut.

"Karena lebih dari 80 persen kasus kecelakaan disebabkan oleh kelalaian manusia. Diharapkan kepada pengguna jasa dapat meningkatkam kesadaran betapa pentingnya menjaga keselamatan pelayaran", tutupnya. (adv)
   
 
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com